Tips dan cara membuka usaha Laundry biar sukses


Bingung mau buka usaha tapi usaha apa? Mungkin ini bisa menjadi solusi buat anda, ya Laundry! Banyak yang menganggap remeh tentang Laundry karena pekerjaanya hanyalah mencuci dan mencuci. Tapi tahu kah anda kalau sebenarnya usaha Laundry itu juga sangat menguntungkan.

Disini akan dijelaskan bagaimana memulai usaha laundry, yang akan dijelaskan disini adalah tentang laundry keliling (bukan laundry magrok). Tips ini berdasarkan pengalaman dari mereka-mereka yang yang telah sukses meraup jutaan rupiah tiap bulanya.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membeli semua peralatan yang lengkap, seperti mesin cuci, setrika uap (stim), tempat untuk menjemur cucian, dan tentunya bahan pokok lainya seperti sabun, pemutih dan bahan lain untuk membersihkan membandel.

Setelah semuanya lengkap langkah selanjutnya adalah mencari agen. Yap disini kita akan menggunakan sistem "Agen". Cara mencarinya adalah dengan cara mendatangi toko-toko (rumah biasa juga bisa) tapi toko sangay direkomendasikan. Kenapa harus toko? Karena toko merupakan tempat yang sering dikunjungi orang.

Caranya adalah kita menawarkan jasa kepada pemilik toko untuk bersedia bekerja sama menjadi agen Laundry. Kita jelaskan semua secara rinci bagaimana cara kerjanya, mulai dari tugas agen dan komisi untuk agen.

Untuk sistem agen seperti ini, tugas agen hanyalah menampung cucian dari tetangga dekat, kita yang mengambil, cuci lalu antar. Biasanya untuk komisi agen sebesar 20% - 30% dari harga cucian. Misal harga cuci selimut sebesar RP10.000 maka komisi agen adalah Rp7.500 kalau komisinya sebesar 25%.

Dan jangan lupa kita memberi agen sebuah Nota (Bon) dan sebuah Plang Laundry milik anda. Ingat, dalam bisnis seperti ini anda harus serius, apalagi kita melibatkan banyak orang jadi jangan sampai anda membuat konsumen/pelanggan kecewa. Kepuasan konsumen dan kenyamanan Agen adalah nomor satu.

Sekian tips bagaimana cara membangun usaha laundry dengan sistem agen, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: